Jl. Kahuripan 7, SBY | Ruko Sutera Niaga I/66, Serpong - TGR
blog img

Boleh atau gak sih nyeri punggung itu dipijat?

Pertanyaan ini sering muncul ketika seseorang merasakan nyeri pada punggung dan mencari solusi cepat untuk mengatasinya. Pijat untuk nyeri punggung memang menjadi salah satu metode yang banyak dipilih karena selain memberikan rasa rileks dan membantu meredakan ketegangan otot, pijat juga seringkali dilakukan karena simpel & beberapa orang merasa bisa melakukan Namun, memijat area yang nyeri tidak selalu aman, terutama jika tidak dilakukan dengan cara & orang yang memang benar-benar mengerti metode memijat yang baik. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan pijat pada sakit punggung.

1. Ketahui Penyebab Nyeri Punggung Terlebih Dahulu
Sebelum melakukan pijat untuk sakit & nyeri punggung, penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan nyeri punggung. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cedera otot, keseringan menjaga postur tubuh jadi salah , hernia diskus, atau kondisi medis lainnya. Jika penyebabnya tidak jelas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga medis profesional, seperti fisioterapis atau dokter spesialis. Memijat tanpa mengetahui penyebabnya bisa memperparah kondisi, terutama jika ada masalah serius seperti saraf terjepit atau peradangan.

2. Hindari Pijat pada Area yang Terlalu Nyeri atau Membengkak
Jika punggung terasa sangat nyeri atau bengkak, sebaiknya hindari pijat  langsung pada area punggung yang sakit. Pijat pada kondisi ini dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan nyeri semakin parah. Sebaiknya, lakukan pijatan pada area sekitar nyeri tersebut untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan otot tanpa memperburuk kondisi nyeri.

3. Gunakan Teknik Pijat yang Tepat
Teknik pijat yang benar sangat penting agar tidak memperburuk kondisi nyeri punggung. Teknik yang terlalu keras atau menggunakan tekanan yang berlebihan bisa memperparah cedera atau menambah ketegangan pada otot. Teknik pijat yang aman biasanya melibatkan gerakan yang lembut dan perlahan, serta fokus pada relaksasi otot, bukan mengatasi sumber nyeri secara langsung.Ada beberapa pilihan untuk melakukan tekniknya seperti pijat Swedia yang lembut atau pijat relaksasi dapat menjadi pilihan yang lebih aman. Dan jangan lupa juga berikan pelumas/minyak pijat seperti Essential Oil untuk mempermudah & memperlembut sentuhan saat memijat pada bagian-bagian tertentu.

4. Pastikan Dilakukan oleh Terapis Berlisensi
Seringkali kita merasa bahwa memijat itu bisa dilakukan oleh semua kalangan, tapi faktanya memilih terapis pijat untuk nyeri punggung yang berlisensi dan berpengalaman sangat penting untuk memastikan pijat dilakukan dengan secara profesional dengan teknik yang aman dan benar. Terapis yang berlisensi memiliki pengetahuan yang cukup mengenai anatomi tubuh dan cara menangani nyeri punggung. Mereka juga tahu teknik apa yang tepat untuk kondisi tertentu dan kapan sebaiknya menghentikan pijat jika dirasa membahayakan. Salah satu tempat terapi fisik yang cocok & berlisensi yang cocok untuk menangani nyeri punggung, kamu bisa datang ke ProSpine Clinic di Surabaya & Serpong. Karena selain mengobati dengan pijat/massage, fisioterapis di klinik kami juga memberikan beragam exercise yang bisa untuk membantu mengurangi nyeri punggung.

5. Perhatikan Kondisi Medis yang Menyertai
Jika kamu memiliki kondisi medis seperti skoliosis, osteoporosis, atau riwayat cedera tulang belakang, pijat nyeri punggung mungkin tidak disarankan atau harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Terapis berpengalaman akan menyesuaikan teknik pijat berdasarkan kondisi medis yang menyertai dan dapat memberikan rekomendasi terbaik untuk membantu meredakan nyeri tanpa menimbulkan risiko tambaha

Kesimpulan

Pijat untuk nyeri punggung bisa menjadi solusi efektif, asalkan dilakukan dengan hati-hati dan dengan teknik yang tepat. Sebelum memijat area yang nyeri, pastikan kamu mengetahui penyebab nyeri dan memilih terapis yang berlisensi serta berpengalaman. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau fisioterapis untuk mendapatkan saran terbaik, terutama jika nyeri tidak kunjung membaik. Ingat, pijat yang salah bisa memperburuk kondisi, jadi selalu utamakan keselamatan.

Chat kami
Apa yang bisa kami bantu?